6 Penyebab Asam Lmabung Naik Yang Jarang Disadari Oleh Banyak Orang


Saat perut terasa perih dan tidak nyaman, ini mungkin salah satu indikasi bahwa adanya asam lambung yang naik. Penyakit asam lambung memang sudah tidak asing lagi ditengah masyarakat Indonesia, ada berbagai penyebab asam lambung naik  yang sebagian tidak disadari oleh banyak orang. Agar tidak sering-sering merasakan sakit perut akibat lambung yang bermasalah, cobalah ketahui apa saja penyebab asam lambung naik.

1.      Pikiran Yang Stress

Dalam ulasan pada artikel Halodoc, sebagian ahli menyebutkan bahwa salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada asam lambung ialah faktor psikis. Pikiran yang sering stress membuat bagian pada otak menjadi lebih sensitif, itulah mengapa terkadang saat asam lambung naik, terasa nyeri pada ulu hati. Jika saja seseorang dapat mengendalikan pikirannya sehingga terhindar dari stress, maka hal ini akan sangat baik bagi kesehatan tubuh.

2.      Kebiasaan Merokok

Kebaisaan buruk yang satu ini masih sering dilakukan banyak orang, padahal ada banyak dampak buruk yang ditimbulkan dari kegiatan merokok, salah satunya gangguan asam lambung. Rokok disinyalir dapat mengganggu fungsi LES dan juga sekresi asam serta mengurangi produksi air ludah, yang mana air ludah berfungsi untuk menetralkan asam pada bagian mulut. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi penderita asam lambung untuk bisa berhenti merokok jika tidak ingin sering mengalami masalah pada bagian lambungnya.

3.      Konsumsi Makanan Berlemak Dan Mengandung Banyak Minyak

Beberapa jenis makanan dapat menjadi pemicu timbulnya asam lambung menjadi naik diantaranya adalah jenis makanan yang mengandung banyak minyak, berlemak serta memiliki rasa pedas. Untuk itu, bagi penderita asam lambung, sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi karena ada banyak menu masakan Indonesia yang dominan menggunakan minyak, santan yang mengandung lemak serta berbagai jenis makanan dengan rasa pedas yang berlebih.

4.      Minuman Bersoda

Jenis minuman lainnya yang sebaiknya dihindari ketika lambung mulai terasa sakit adalah minuman soda atau berkarbonasi. Minuman bersoda dapat meningkatkan risiko terjadinya iritasi pada lambung dan juga dapat menyebabkan produksi asam pada lambung jadi meningkat. Jika memang ingin menjaga kesehatan lambung, ada baiknya ganti kebiasaan minum minuman bersoda dengan air putih, air perasan jeruk atau jus buah yang lebih menyehatkan dan baik untuk kesehatan lambung.

5.      Usia

Usia yang semakin tua menjadi salah satu faktor penyebab adanya gangguan pada asam lambung, hal ini memang tidak bisa dihindari karena semakin tua umur seseorang, potensi untuk terjadinya asam lambung naik juga meningkat. Namun, tentu saja hal ini bukan bearti tidak bisa dihindari. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat, menjaga asupan makanan dan minuman serta menghindari stress, bukan tidak mungkin lambung tetap terjaga dengan baik meski usia sudah tua.

6.      Kurangnya Kadar Magnesium

Pada saat tubuh kekurangan kadar magnesium, maka dapat berdampak pada sistem kerja LES. LES ini merupakan otot yang memiliki fungsi sebagai pencegah terjadinya aliran balik makanan dan asam perut ke dalam esophagus. Sealin mengganggu kerja LES, tubuh yang kekurangan vitamin dan mineral juga berpotensi mengakibatkan terjadinya gangguan pada asam lambung. Pastikan untuk memenuhi kebutuhan magnesium setiap hari dengan kadar yang cukup serta tidak lupa pula untuk selalu memenuhi asupan gizi dan vitamin dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat bervitamin dan mengandung banyak mineral seperti buah atau sayur.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Penyebab Asam Lmabung Naik Yang Jarang Disadari Oleh Banyak Orang"

Posting Komentar