4 Tahapan Penting yang Diperlukan dalam Lari Estafet


Lari estafet
merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang mainnya bersama tim. Satu tim terdiri dari empat orang. Ciri khas dari lari ini menggunakan alat bantu berupa tongkat. Jenis olahraga ini pertama kali dilombakan saat olimpiade 1912 di Stockholm, Swedia. Berikut ini tahapan penting yang diperlukan untuk melakukannya.

1.   Tahap Start

Tahap start dimulai dengan posisi pelari start jongkok. Jenis start terdiri dari start pendek, start menengah, dan start panjang. Perbedaan setiap jenis start ini dari kecepatan yang akan dilakukan. Start pendek kecepatan di awal larinya akan sangat tinggi.

Jenis start ini yang paling sering dilakukan pelari pertama. Cara melakukannya dengan posisi pelari berada di belakang garis start dan kaki kanannya berada di belakang kaki kiri. Letak tangan juga berada di belakang garis dan tongkatnya tidak boleh menyentuh garis start.

Jika Anda melakukannya akan didiskualifikasi. Badan posisinya turun dan bagian lutut kaki kanan berada sejajar jari-jari kaki depan. Saat aba-aba mulai diucapkan maka pinggul posisinya lebih tinggi dari kepala.

2.  Tahap Memegang Tongkat

Dalamang perlu dilakukan adalah tahapan memegang tongkat. Tongkat dipegang secara bergantian oleh se lari estafet tahapan ytiap pelari selama pertandingan berlangsung. Cara yang benar memegang tongkatnya dengan posisi tongkat dipegang setengah dari panjang tongkat agar mudah untuk diberikan ke pelari selanjutnya.

3. Tahapan Memberi Tongkat

Cara memberi tongkat ini kepada pelari kedua dengan menggunakan tangan kanan, sedangkan pelari yang menerimanya dengan tangan kiri. Memberi tongkatnya harus diayunkan dari belakang ke depan agar mudah diterima oleh pelari selanjutnya.

4. Tahap Menerima Tongkat

Tahapan menerima tongkat ini dengan posisi tubuh menghadap ke depan. Posisi pelari yang menerima tongkat harus sudah bersiap untuk berlari. Ibu jari pelari harus terbuka lebar dengan posisi jari lainnya rapat. Posisi tangan pelari yang akan menerima berada di bawah pinggang.

Serah terima tongkat dilakukan di daerah yang sudah ditentukan. Nama daerah ini disebut wissel dengan panjang zona 20 meter. Serah terima tongkat ini jaraknya di setiap zona adalah 400 meter kurang lebih. Anda harus berada di jalur yang telah ditentukan baru serah terima tongkat dianggap sah. Semakin cepat waktu yang bisa diraih maka akan semakin bagus.

Manfaat Melakukan Olahraga Lari Estafet

Di dalam artikel kesehatan manfaat melakukan lari estafet ada banyak sekali. Pertama, Anda akan membuat metabolisme tubuh menjadi meningkat karena peningkatan dari aktivitas jantung. Efeknya tentu tubuh akan semakin sehat.

Kedua, manfaat yang akan dirasakan dengan melakukan olahraga ini adalah aliran darah akan semakin lancar. Tubuh akan terasa lebih nyaman saat melakukan aktivitas lainnya. Ketiga, olahraga ini sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Di mana semua anggota tubuh akan bergerak saat olahraga. Imun yang kuat memang sangat dibutuhkan, apalagi di masa pandemi ini. Buat yang sedang diet bisa melakukan olahraga estafet ini karena manfaatnya yang keempat adalah membantu menurunkan berat badan secara signifikan. Selain itu, manfaat kelima bisa membuat tubuh tidak kaku atau menjadi lebih lincah.

Di dalam lari estafet ada beberapa teknik yang dikenal untuk serah terima tongkatnya yaitu ada downsweep yang pemberian tongkat dilakukan ke atas antara jempol dan jari lainnya.  Teknik upsweep yaitu posisi telapak tangan pelari yang menerima menghadap ke atas untuk bersiap menyambut tongkatnya. Teknik push pass penerima tongkat menerimanya secara vertikal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 4 Tahapan Penting yang Diperlukan dalam Lari Estafet"

Posting Komentar