Tips Manajemen Keuangan Harian yang Super Praktis

Keuangan merupakan hal yang krusial karena berdampak sekali pada berbagai jenis kebutuhan entah itu di dalam rumah tangga ataupun bisnis. Anda harus melakukan manajemen yang tepat dalam mengelola keuangan harian. Berikut tips yang super praktis untuk diterapkan.

1.        Pemeriksaan Detail

Tipsnya bisa dimulai dengan melakukan pemeriksaan secara detail untuk biaya yang dikeluarkan setiap harinya. Semua bukti transaksi pengeluaran setiap harinya melakukan pembukuan akuntansi yang jelas. Ini bisa dilakukan di penghujung hari setelah toko akan ditutup.

2.        Perencanaan General

Penting sekali untuk membuat sebuah perencanaan general dalam bisnis yang sedang dijalankan. Apa jenis program dan rencana usahanya setiap hari sampai periode jangka panjangnya. Dari perencanaan ini akan memudahkan Anda untuk melihat kebutuhan biaya setiap harinya dan bisa dilakukan evaluasi secara lebih detail terkait keuangannya.

3.        Proyeksi Keuangan

Selanjutnya membuat proyeksi keuangan untuk mengetahui mana yang menjadi prioritas dan mana yang bisa dikesampingkan terlebih dahulu. Jadi, proyeksi keuangan akan sangat membantu untuk melakukan antisipasi saat pengeluaran sudah di luar perencanaan harian yang dibuat.

4.        Menghitung Keuntungan

Manajemen keuangan harian yang juga perlu dilakukan agar super praktis dengan menghitung keuntungan secara berkala. Apa lagi buat Anda yang masih merintis sebuah bisnis. Ini menjadi tolak ukur tentang progress sebuah bisnis dan bisa dilakukan trik-trik selanjutnya untuk bisa meningkatkan keuntungan.

Keuntungan tersebut ditotalkan dari semua transaksi yang dilakukan baik tunai ataupun non tunai. Dimasukkan juga dengan pajak, biaya penyusutan, dan bunganya. Keuntungan yang akan terdata nantinya adalah keuntungan bersih dari hasil penjualan.

5.        Target Harian

Kondisi keuangan sebuah bisnis tentu sejalan dengan target yang telah ditentukan. Di dalam manajemen keuangan secara harian maka Anda juga perlu membuat target harian dari bisnis yang dijalankan. Target harian sama dengan rencana pendapatan harian yang harus dicapai.

Jika Anda menjual produk, maka menentukan berapa produk yang harus terjual dan strategi apa yang harus diterapkan setiap harinya untuk bisa mencapai kondisi keuangan terbaik. Target ini tentunya juga membantu membuat stabilitas keuangan di dalam bisnis menjadi lebih terjaga.

6.        Kontrol Arus Kas

Sekalipun Anda sudah menunjuk staf khusus untuk mengatur kas, jangan lupa untuk tetap mengontrolnya secara berkala. Bahkan kalau bisa diminta laporan hariannya agar bisa lebih teliti untuk memeriksanya, sehingga jika Anda permasalahan bisa lebih mudah terdeteksi. Solusi lainnya bisa menggunakan software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

7.        Budget Harian

Tips berikutnya membuat budget harian agar keuangan lebih teratur dan bisa melakukan efisiensi usaha. Budget ini juga akan menjadi tolak ukur pengeluaran agar tidak di luar batas. Budget setiap harinya bisa saja berbeda sesuai dengan kebutuhan dan tentunya dipengaruhi oleh evaluasi harian dari budget yang sudah dibuat. Perencanaan budget ini harus dibuat dengan detail.

8.        Pendataan Faktur

Dalam manajemen keuangan penting untuk melakukan pendataan faktur dalam bisnis. Di mana saat pesanan sudah diantar jangan lupa sekaligus dengan fakturnya. Siapkan template khusus untuk mendata apakah pembayaran sudah dilakukan atau belum disesuaikan dengan nomor pemesanannya agar Anda tidak keliru.

Manajemen keuangan harian akan sangat membantu Anda untuk mengontrol keuangan bisnis. Evaluasi harian pun akan meminimalisir masalah keuangan di kemudian hari karena sudah terkontrol sejak awal. Anda tinggal menerapkan laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi yang sesuai dengan usaha, Bukuwarung akan menyimpan data dengan aman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Tips Manajemen Keuangan Harian yang Super Praktis "

Posting Komentar